Jumat, 28 Juni 2013

Cara Membuat File PDF

PDF atau Portable Document Format adalah format file yang digunakan untuk mewakili dokumen secara independen bagi perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi. File PDF sudah pasti sering kita jumpai dan kita gunakan. Akan tetapi mungkin beberapa teman belum tahu bagaimana cara membuat file PDF ini. Berikut saya paparkan secara singkat bagaimana membuat file PDF baik dari file Word, Excel, Publisher, Web maupun Gambar. Ada 2 cara yang paling umum, yaitu ;

1. Dengan Install software PDF Writer, seperti CutePDF, Foxit Reader. Software ini akan menciptakan Printer Virtual PDF yang nantikan akan membentuk file PDF dari menu Print. Jadi ketika kita membuka menjalankan program, baik itu word, excel, publisher atau browser seperi firefox, chrome atau membuka gambar; lalu kita print lewat menu print, maka akan muncul pilihan printer untuk kita print. Disinilah kita harus memilih Printer Virtual PDF tersebut untuk kita membuat file PDF. Setelah kita pilih dan print maka akan diproses membentuk file PDF.



2. Jika anda menggunakan Microsoft Office 2007 ke atas makan anda akan dapat dengan mudah membuat file PDFnya. Khusus Office 2007 anda harus menginstall "Add-in : Microsoft Save as PDF or XPS". Setelah diinstall anda dengan mudah dapat membuat file PDF dengan meng-klik Office Button lalu Save as PDF or XPS. 


Demikian semoga membantu.
* Download CutePDF disini.
Download  Foxit Reader v. 6 
* Download 
Microsoft Save as PDF or XPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar