Senin, 09 Mei 2011

Menghilangkan menu Tekan F1 resume Saat Booting

Cara ini saya adaptasikan dari berbagai informasi yang ada di internet. Ini saya postkan karena saya mengalami hal yang sama juga pada komputer saya. Dari beberapa pengalaman saya, cara menghilangkan tekan F1 resume ini tergantung dari kasus yang dialami, misalnya karena batere CMOS yang sudah rusak, Fan CPU rusak, pemasangan hardware baru pada motherboard, dll.

Kalo masalah CMOS dan Fan CPU yang rusak segera ganti aja.
Biasa kalo Fan CPU yang rusak tertulis “CPU fan eror press F1 for resume.
Kalo CMOS rusak cirinya settingan tanggal selalu berubah ke tahun BIOS itu dikeluarkan. Segera ganti CMOSnya.

Selanjutnya masalah settingan di BIOS. Terkadang settingan ini perlu diperbaiki. Ini kadang diperlukan kalau setelah kita menambah hardware baru di motherboard kita seperti hardisk model SATA atau IDE, VGA card, dll. Sebelumnya perhatikan semua hardware yang terinstall di mobo sudah terpasang dengan tepat.

Tips yang bisa kita coba lakukan di BIOS adalah
1. Mengubah setting BIOS ke defaultnya.
2. Periksa urutan bootingnya. Pertama HDD, kedua CD Rom, ketiga disable.
3. Pilihan untuk floopy disk “Drive A [1.44M, 3.5”] itu di disable aja.
4. Cari pilihan untuk F1 erorr, biasanya sih masuk ke BIOS > Main > ada settingan "Halt ON" > pilih ke no error/ disable
5. Perhatikan jenis hardisk yang kita gunakan apakah IDE atau SATA. Di Configuration nya harus sesuai SATA atau IDE.
5. Kalo kita tambah VGA baru pastikan settingan di BIOS VGA yang baru yang diaktifkan dan yang VGA onboard di matikan/ disable. Kalo di motherboard yang pake VGA onboard intel saya settingannya combo.

Demikian, semoga bisa membantu. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar